5 Kebiasaan Yang Menjadikan Wajah Mudah Berjerawat

Kulit wajah yang sangat halus, mulus, bersih dan sehat merupakan dambaan bagi semua orang terutama bagi wanita yang selalu ingin tampil cantik dan menawan. Namun, munculnya jerawat di wajah menjadikan penghalang serta membuat kepercayaan diri berkurang. Dan ternyata, munculnya jerawat pada wajah tidaklah lepas dari kebiasaan – kebiasaan yang sering dilakukan dalam sehari-hari.

Beberapa pakar kecantikan menjelaskan tentang kebiasaan – kebiasaan dan sering dilakukan seseorang yang mampu memicu tumbuhnya jerawat pada wajah. Simak uraian berikut siapa tahu mungkin hal ini adalah kebiasaan yang juga sering Anda lakukan.


1. Tidur tanpa menghapus riasan

Mungkin karena Anda merasa terlalu lelah hingga rasanya sangat malas untuk membersihkan riasan pada wajah di malam hari menjelang tidur. Namun, selelah apapun yang Anda rasakan sebaiknya janganlah lupa untuk menghapus riasan sebelum beranjak tidur, karena dengan melakukan kebiasaan tanpa membersihkan riasan yang masih menempel pada wajah dan Anda langsung beranjak tidur maka akan membuat wajah Anda mudah berjerawat.

"Seseorang yang membersihkan wajah dan mengaplikasikan produk perawatan sebelum tidur akan menikmati proses perbaikan secara menyeluruh dan bangun tidur dengan kulit wajah yang cerah berkilau. Mereka yang tidak melakukan ini akan bangun tidur dengan kondisi kulit wajah mengalami peradangan, jerawatan, dan kusam," ungkap Dr Hannah Vargas MD, seorang dermatolog.

2. Terlalu sering membersihkan wajah

Membersihkan wajah merupakan hal yang wajib dan bisa membantu merawat kulit wajah sekaligus menghindari dari berbagai macam permasalahan kulit. Akan tetapi, hal ini justru akan mudah menimbulkan tumbuhnya jerawat jika dilakukan terlalu sering. Seperti yang telah diutarakan oleh Dr Emily Wise MD, dokter spesialis jerawat di Krauss Dermatologi, ada batasan yang sangat tipis antara membersihkan wajah untuk mencegah timbulnya jerawat dengan membersihkan wajah untuk membuat kulit menjadi iritasi.

"Jangan terlalu sering membersihkan wajah atau menggosoknya. Studi telah menunjukkan bahwa membersihkan dengan cara menggosok akan membuat kulit tambah rusak. Bersihkan wajah dua kali sehari. Gunakan produk pembersih yang mengandung benzoyl peroxide untuk mencegah jerawat dengan cepat," saran Dr Wise.

3. stres

Stress merupakan sesuatu yang memiliki dampak buruk bagi kesehatan Anda, baik segi mental maupun fisik. Bahkan, stress yang diakibatkan dari hal – hal terkecil sekalipun juga akan mampu membuat kulit wajah Anda rentan terhadap tumbuhnya jerawat.

"Saya rasa stres berperan penting dalam munculnya jerawat bagi siapapun. stres menyebabkan peradangan internal yang menyebabkan jerawat dan tersumbatnya pori-pori pada wajah," jelas Dr Vargas.

Oleh sebab itu, Anda sangat disarankan untuk memiliki aktivitas menejemen stress. Misalnya, lakukan aktivitas – aktivitas yang Anda sukai seperti yoga, meditasi atau memasang aromaterapi di rumah untuk membantu meminimalisir rasa stress.

4. Kurang tidur


"Tidak memiliki waktu tidur yang cukup akan menyebabkan timbulnya jerawat. Malam hari adalah saat dimana kulit memiliki kesempatan untuk melepaskan racun dan meregenerasi diri dari segala aktivitas yang Anda lakukan di pagi dan siang hari. Jika Anda tidak membersihkan wajah sebelum tidur, maka Anda mencederai tubuh untuk memiliki waktu memperbaiki dirinya sendiri," ungkap Dr Vargas.

5. Pola makan yang buruk


Menjalani pola makan yang buruk, mengudap di tengah malam, dan mengonsumsi alkohol hanya akan menciptakan timbulnya masalah pada kulit wajah. Menurut Dr Vargas, segala macam kebiasaan yang sangat buruk ini dapat dengan mudah menyebabkan jerawat, mulai dari usia 20 tahunan. Sedangkan menurut dr Wise, mengonsumsi produk susu dan gula juga dinilai bisa menimbulkan jerawat. Sehingga, Anda perlu sekali untuk mengatur pola makan yang baik.

"Jika Anda mau mencoba mengurangi konsumsi produk susu atau mengatur diet untuk mengurangi indeks glisemik, saya rasa ini boleh saja. Namun, saya tidak memprediksi cara ini akan membantu. Sebaliknya, saya sarankan untuk mengonsumsi jus sayuran hijau dan menambahkan sayuran pada menu makanan," saran dari Dr Wise

Itulah lima kebiasaan buruk yang dapat dengan mudah menimbulkan jerawatan pada kulit wajah. Agar Anda senantiasa tampil cantik dengan muka berseri bebas dari jerawat maka sebisa mungkin hindarilah kebiasaan – kebiasaan tersebut diatas. Sekian, semoga bermanfaat.

5 Kebiasaan Yang Menjadikan Wajah Mudah Berjerawat Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Andre